Pencarian

TUGAS TUGAS KULIAH

KUMPULAN TUGAS TUGAS KULIAH

TUGAS IMK PERANGKAT MASUKAN OUTPUT PERCETAKAN PETUNJUK

Monday 2 December 2013






TUGAS INTERKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Disusun Untuk Memuhi Tugas Matakuliah IMK
















Di susun Oleh :

Nama   : Fery Wiyanto
Nim     : 14.11.0002
Program Studi             : Sistem Infromasi S1





SEKOLAH TINGGI MANAGEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
TAHUN AJARAN 2013 / 2014







I.       PENDAHULUAN

A.    PENGETIAN IMK
PENGERTIAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Menurut saya Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) merupakan suatu aktivitas yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari,terutama di zaman yang penuh dengan teknologi saat ini. Pada saat ini komputer dapat kita temukan di berbagai tempat seperti Mall, Perpustakaan, Restoran dan tempat lainnya yang berfungsi sebagai alat informasi yang memudahkan kita mendapatkan apa yang kita butuhkan. Interaksi manusia dan komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang diinginkan.
            Tujuan dari IMK adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sistem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok. Utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.
II.                PEMBAHASAN

A.    PERANGKAT INPUT(INPUT DEVICE)

Input Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
Unit Input(Input Device)
Input Device atau perangkat input atau alat masukan adalah perangkat/ media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user(pengguna) dengan computer. Data yang dimasukkan ke dalam system computer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Sign input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam system computer, sedangkan maintenance input terbentuk program yang digunakan untuk mengolah datayang dimasukkan. Jadi input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
PERANGKAT MASUKAN TEKS ANTARA LAIN:
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) – Piranti Interaktif
Piranti Masukan Tekstual
Peranti masukkan tekstual dapat dikatakan merupakan peranti masukan standar yang dijumpai pada semua komputer (Keyboard).Keyboard merupakan piranti terbaik untuk inputan berbentuk teks. Meskipun demikian, penelitian menunjukkan bahwa untuk melaksanakan pekerjaan berbentuk pilihan (mis: dari suatu menu), keyboard lebih lambat, kurang akurat, dan kurang disukai pengguna dibandingkan piranti masukan lainnya
Jenis-jenis Keyboard :
  • Keyboard QWERTY
  • Keyboard Alphabetic
  • Keyboard Dvorak
  • Keyboard Chord

1.     Keyboard QWERTY

Tata letak ini ditemukan oleh Scholes, Gliddedn, dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin ketik komersial pada tahun 1905. Graham Leedham (1991) bahwa seorang operator biasanya mempunyai kecepatan pengetikan antara 80 sampai 90 kata per menit, atau sekitar 500 sampai 600 huruf per menit.
Layout Keyboard QWERTY
Layout Keyboard QWERTY

Kelemahan dan ketidakefisienan tata letak QWERTY:

  • 48% dari gerakan di antara tata kunci-kunci yang berurutan harus dilakukan sebuah tangan.
  • Pengguna papan ketik dengan tata letak QWERTY mempunyai beban pengetikan tangan kiri sebesar 56% lebih cocok digunakan yang kidal.
  • Kelemahan lain adalah bahwa kata-kata yang harus diketik oleh tangan sebelah, misalnya “sadar”, “teras”, dan”cara”. Selain itu, jika kita kita mengetik kata yang banyak mengandung hurup “a”, maka jari kelingking yang paling lemah ternyata harus menunggu beban yang lebih berat
Tata Letak ini sama denga keyboard yang biasa digunakan yang terdiri dari 4 bagian yaitu:
  • Tombol fungsi (function key)
  • Tombol alphanumerik (alphanumerik key)
  • Tombol kontrol (control key)
  • Tombol numerik (numerik keypad).
Tata letak ini ditemukan oleh Scholes, Gliddedn, dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin ketik komersial pada tahun 1905.
Graham Leedham (1991) bahwa seorang operator biasanya mempunyai kecepatan pengetikan antara 80 sampai 90 kata per menit, atau sekitar 500 sampai 600 huruf per menit.

Kelemahan dan ketidakefisienan tata letak QWERTY:

  • 48% dari gerakan di antara tata kunci-kunci yang berurutan harus dilakukan sebuah tangan.
  • Pengguna papan ketik dengan tata letak QWERTY mempunyai beban pengetikan tangan kiri sebesar 56% lebih cocok digunakan yang kidal.
  • Kelemahan lain adalah bahwa kata-kata yang harus diketik oleh tangan sebelah, misalnya “sadar”, “teras”, dan”cara”. Selain itu, jika kita kita mengetik kata yang banyak mengandung hurup “a”, maka jari kelingking yang paling lemah ternyata harus menunggu beban yang lebih berat.

 Beberapa pada tombol selain huruf:

  •  Numeric keypad
  •  Function keys
  •  Tombol-tombol pergerakan kursor

2.     Numerik Keypad

Untuk menghasilkan bilangan dalam jumlah yang besar, orang lebih suka menggunakan tombol numerik (numerik keyped) yang tata letak tombol-tombolnya dapat dijangkau dengan sebuah tangan. Selain itu, fungsinya untuk mengetikkan angka apabila tombol Num Lock di aktifkan. Apabila tombol Num Lock tidak diaktifkan, fungsinya berubah menjadi tombol-tombol untuk menggerakkan kursor.
Numeric Keypad
Numeric Keypad

 Ciri – Ciri Tombol yang baik

  • Ukuran: 12 mm; jarak antartombol 6 mm.
  • Agak cekung.
  • Dibuat dengan bahan yang bersifat dof.
  • Diaktifkan dengan gaya 40-125 gf.
  • Jika ditekan masuk 3-5 mm.
  • Tombol-tombol khusus lebih besar.

Cara kerja keyboard :

  • Penekanan Keyboard menghasilkan arus listrik.
  • Processor mencocokkan lokasi koordinat x,y pada peta karakter di ROM.
  • Jika Pemakai menekan secara bersamaan,processor akan mencari keberadaan kombinasi tombol dalam peta karakter.
  • Peta karakter dapat di timpa dengan sebuah software.
  • Software yang menghendaki agar tata letak keyboard/Qwerty diubah menjadi Dvorak/Kombinasi kunci tertentu yang mempunyai arti berbeda.
  • Dvorak (sistem tata letak keyboard yang disusun berdasarkan kesering pakaian huruf.
  • Keyboard dilengkapi dengan typematic (processor akan mengenali penekanan tombol terus menerus).

 

Function keys

Untuk fungsi-fungsi khusus. Biasa diberi label F1 … F12
Positif : mengurangi ketukan dan kesalahan.
Negatif : letaknya jauh dari home position, fungsinya harus dihafal, beberapa sistem tidak konsisten.
Tombol fingsi (function keys). Mempunyai keuntungan antara lain adalah:
  •  Mengurangi beban ingatan,
  •  Mudah dipelajari,
  •  Kecepatan yang lebih tinggi (karena berkurangnya penekanan tombol),
  •  Mengurangi kesalahan.
  •  Tata letak tombol fungsi harus dirancang sedemikian rupa sehingga dapat meminimisasi waktu belajar
  • imagesKelemahan tidak adanya standarisasi “isi tombol” fungsi tersebut. Karena kemampuan setiap sistem komputer berbeda.

 Tombol-tombol pergerakan kursor

  • Tata letak yang terbaik adalah yang alami.
  • Populer: T-terbalik (a).
  • Biasa mempunyai typematic (auto-repeat).
  • Pergerakan lainnya dengan tombol TAB, HOME, END, dsb.

3.     Keyboard Alphabetic

http://yusriel.files.wordpress.com/2008/10/p5-alpabetik-keyboard.jpg

Tombol-tombol pada papan ketik dengan tata letak alphabetik disusun persis seperti pada tata letak QWERTY maupun Dvorak. Susunan hurufnya berurutan seperti pada urutan alphabet.Biasanya banyak ditemui pada mainan anak-anak, sehingga anak-anak dapat diajar mengenal hurup alphabet. Keyboard Alphabetic, digunakan utk negara-negara yg menggunakan alphabetic berbeda dgn alphabetic yg ada. Misal : Arab, Cina, Rusia.
  • Tombol-tombol disusun menurut abjad.
  • Tidak punya kelebihan dibanding tata letak lainnya, karena itu tidak banyak dipakai.


4.     Keyboard Dvorak

dvorak
Menggunakan susunan papan ketik yang sama, tetapi susunan hurufnya disusun sehingga tangan kanan dibebani oleh banyak pekerjaan dibanding dengan tangan kiri.
Dirancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row, sehingga jari-jemari yang harus mencapai huruf-huruf yang tidak berada pada posisi home row mempunyai kerja yang lebih ringan. Mengurangi kelelahan karena adanya faktor ergonomik yang ditambahkan pada tata letak ini.
Diciptakan oleh August Dvorak dan Willian L. Dealey, 1936. Dirancang untuk mengurangi jarak pergerakan jari. Mempercepat ketikan hingga 200 ketikan per menit. Penerimaannya lambat karena pemakai tidak bersedia berusaha berpindah dari QWERTY.

5.     Keyboard Chord

Keyboard Chord, digunakan utk mencatat ucapan. Utk menghasilkan suatu kata dgn menekan tombol atau kombinasi tombol. Misal; tombol ‘D’ kombinasi dari ‘T’ & ‘+’. Biasanya digunakan oleh wartawan atau pada proses peradilan
Untuk tujuan-tujuan khusus seperti diatas (wartawan), digunakanlah suatu papan ketik yang dikenal dengan sebutan chord key-board yatu dapat menekan kombinasi tombol untuk menghasilkan suatu kata. Yang disebut tata letak Palantype terdiri dari :
  • Bagian kiri menunjukkan konsonan awal sebuah kata
  • Bagian tengah menunjukkan kelompok vokal
  • Bagian kanan menunjukan kelompok konsonan yang merupakan konsonan terkhir dari sebuah kata atau suku kata.
Contoh papan ketik : stenotype.
stenotype

B.     PERANGKAT PTUNJUK

Piranti penuding dan pengambil (pointing and picking device) digunakan untuk memutar obyek, menggambar garis, menentukan nilai atau besaran, atau untuk menunjukan posisi awal dari pemasukkan teks. Peranti-peranti penuding antara lain adalah mouse, joystick, trackball, Track point, digitizing tablet, light pen, dan touch-sensitve panel (Touch Screen).

1.     Mouse

Mouse Optikal
Mouse Optikal
Mouse digunakan untuk menempatkan cursor (teks atau grafik) pada posisi tertentu di layar komputer. Mengaktifkan menu pilihan pada suatu program aplikasi, dan bahkan untuk menggambar. Didalam mouse terdapat peranti pemantau yang ada di dalam sebuah mouse.

Kelebihan:

  • Tombolnya mudah ditekan;
  • Pergerakan panjang cepat;
  • Penempatan presisi.

Kelemahan:

  • Tangan harus pindah dari keyboard;
  • Memakan tempat di meja;
  • Kabelnya mengganggu;
  • Harus diangkat dan diletakkan kembali untuk pergerakan panjang;
  • Harus berlatih untuk bisa menguasainya.

2.     Joystick

http://fairuzelsaid.files.wordpress.com/2011/09/joystick.jpg?w=239&h=300

Joystick merupakan peranti penuding tak langsung. Gerakan cursor dikendalikan oleh gerakan tuas pada (joystick absolut) atau dengan tekanan pada tuas (pada joystick terkendali kecepatan atau joystick isometrik).
Gerakan kursor pada joystick dikendalikan sebuah tuas yang ditanamkan pada sebuah alas.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN :

  • Membutuhkan tempat yang sedikit.
  • untuk tracking (sistem pemantauan jarak jauh).
  • Pergerakan sedikit, perpindahan arah mudah.
  • Tidak mengganggu layar
  • Harganya murah, sehingga banyak digunakan pada permainan komputer (game) seperti : permainan pesawat, mobil balap dan sebagainya.

3.     Trackball

Trackball

Trackball hampir sama dengan mouse perbedaan utama terletak pada konfigurasinya. Pada mouse, operator harus menggerakan seluruh badan dari mouse tersebut, sedangkan pada trackball, badan dari trackball tersebut tetap diam, tetapi tangan operatorlah yang menggerakan bola untuk menunjukan perpindahan kursor.
Trackball dapat dilukiskan sebagai gabungan fungsi dari joystick dan mouse. Terdiri atas dasar yang tetap, yang menyangga sebuah bola. User hanya menggerakkan bola utk memindahkan kursor.

Sifat trackball:

  • Mudah dipelajari
  • Membutuhkan sedikit ruangan (seperti joystick)
  •  Dilaporkan oleh beberapa peneliti bahwa trackball adalah salah satu piranti penuding yang terefisien (dalam hal ketepatan dan kecepatan)

Kelemahan:

  •  Keletihan microvascular (Dr.Leo M. Rozmaryn, MD)

 

 

4.     Trackpoint

Trackpoint
Trackpoint
Joystick mini isometrik dari bahan karet yang diletakkan di antara tombol-tombol keyboard dan digerakkan jari tangan. Dikenal sebagai G-stick, accupoint adalah miniatur dari joystick yang diletakkan diantara kunci G dan H pada keyboard. Biasanya dipakai bersama dengan 2 buah tombol dan fungsinya sama dengan mouse, karena accupoint ditempelkan pada keyboard, maka tidak memerlukan tambahan ruang untuk operasinya. Accupoint dioperasikan cukup dengan 1 jari saja dan tidak memerlukan ruang

5.     Digitzing Table

Digitizing table (atau digitizer), juga sering disebut dengan graphics table, peranti mengambil data dalam bentuk sederetan koordinat (x,y) yang menentukan gerakan pena atau puck pada meja digitasi. Peranti ini mempunyai ketelitian yang cukup tinggi.

6.     Light Pen

Light Pen

Light Pen

Pena cahaya (light pen) dapat digunakan sebagai peranti gambar atau point-shoot device. Alat ini digunakan dengan cara menunjuk ujung alat ke monitor komputer yang peka kepada cahaya. Apabila pena ditempelkan dan digerakkan pada layar komputer, maka satu isyarat elektronik akan dihantarkan dan akan dimengerti oleh program tersebut.
Dengan lightpen akan memungkinkan anda untuk menyentuh suatu titik di layar, dan komputer akan membaca lokasi tersebut. Teknologi ini banyak digunakan untuk membuat grafik atau gambar di dalam perencanaan dengan bantuan komputer. Seperti rancang bangunan atau disain grafis.

7.     Touch Screen

Touchscreen
Touchscreen
Panel sensitif sentuhan (touch-sensitive panel) adalah peranti interaktif yang bekerja dengan cara mendeteksi ada tidak adanya sentuhan tangan atau stylus langsung kelayar komputer Panel sensitif sentuhan (touch-sensitive panel) adalah peranti interaktif yang bekerja dengan cara mendeteksi ada tidak adanya sentuhan tangan atau stylus langsung kelayar komputer.
Ada 3 jenis, yaitu resistive, capacitive dan surface acoustic wave system.

8.     Resistive Screen

Sistem resistif layarnya dilapisi oleh lapisan tipis berwarna metalik yang bersifat konduktif dan resistif terhadap sinyal-sinyal listrik. Maksud dari lapisan yang bersifat konduktif adalah lapisan yang bersifat mudah menghantarkan sinyal listrik, sedangkan lapisan resistif adalah lapisan yang menahan arus listrik.
Kedua lapisan ini dipisahkan oleh sebuah bintik-bintik transparan pemisah, sehingga lapisan ini pasti terpisah satu sama lain dalam keadaan normal. Pada lapisan konduktif tersebut juga mengalir arus listrik yang bertugas sebagai arus referensi.resistive how final Mengenal Layar Sentuh ( Touch Screen )

C.     PERANGKAT PERANGKAT OUTPUT

1. Monitor
Monitor merupakan alat keluaran / alat output yang memberikan tampilan visual kepada pengguna komputer. Kita dapat melihat apa yang sedang dilakukan oleh program atau komputer di layar monitor.
Komputer menampilkan pesan, informasi, ataupun meminta masukan kepada pengguna komputer melalui tampilan di layar monitor.Komputer membuat tampilan teks, bilangan, atau gambar dengan cara menggabungkan elemen-elemen kecil yang disebut dengan pixel atau sering juga disebut pels. Makin banyak pixel dari sebuah tampilan teks, bilangan, atau gambar, makin baik tampilan tersebut.Tampilan di layar monitor diukur dengan satuan pixel. Monitor dengan resolusi rendah umumnya menampilkan tampilan di layar dengan ukuran 640 x 480 pixel, sehingga item-item yang ditampilkan kelihatan besar dan kurang tajam. Adapun monitor dengan resolusi tinggi umumnya memberikan tampilan dalam ukuran 1024 x 768 pixel dan menampilkan item-item dengan ukuran kecil, sehingga lebih banyak item yang dapat ditampilkan serta lebih tajam dan jelas.Saat ini, teknologi layar lebar (wide screen) dan layar datar (flatscreen) telah banyak digunakan pada monitor. Teknologi ini memberikan tampilan layar monitor yang lebih lebar dan radiasi yang lebih rendah, sehingga lebih banyak bagian yang dapat ditampilkan di layar monitor dan lebih nyaman bagi mata pengguna. Resolusi yang umum digunakan pada monitor dengan layar lebar adalah 1280 x 768 pixel. Namun, kelemahan dari monitor jenis ini adalah harganya yang relatit lebih mahal apabila dibandingkan dengan monitor biasa.
a. CRT (Cathode Ray Tube)

Monitor Catoda Ray Tube (CRT)

Monitor ini merupakan monitor yang mempunyai tabung yang memproduksi elektron untuk menembak layar, sehingga tercipta gambar di layar seperti cara kerja televisi. Monitor ini memakai port 15 pin dengan 3 baris.
Cara kerja monitor CRT
http://adengbalawan.files.wordpress.com/2010/11/crt.jpg?w=300&h=225
Prinsip kerja monitor konvensional, monitor CRT (Cathode Ray Tube), sama dengan prinsip kerja televisi yang berbasis CRT. Elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam.
Begitu sinar tersebut sampai ke bagian kaca tabung TV atau monitor, dia akan menyinari lapisan berpendar, menyebabkan tempat-tempat tertentu untuk berpendar secara temporer.
Setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu. Dengan mengontrol tegangan dari sinar tersebut, terciptalah teknologi yang mampu mengatur pixel-pixel tersebut untuk berpendar dengan intensitas cahaya tertentu. Dari pixel-pixel tersebut, dapat dibentuklah gambar.
Teorinya, untuk membentuk sebuah gambar, sinar tadi menyapu sebuah garis horizontal dari kiri ke kanan, menyebabkan pixel-pixel tadi berpendar dengan intensitas cahaya sesuai dengan tegangan yang telah diatur. Proses tersebut terjadi pada semua garis horizontal yang ada pada pixel layar, dan ketika telah sampai ujung, sinar tersebut akan mati sementara untuk mengulang proses yang sama untuk menghasilkan gambar yang berbeda. Makanya Belia dapat nonton objek yang seolah-olah bergerak di layar televisi atawa monitor.


http://4.bp.blogspot.com/-nrJpubFOAnI/TjQ46_uRsFI/AAAAAAAAAvU/jdqksYA2V_4/s320/Monitor-crt.jpg
 Kelebihan :

 Tipe CRT memiliki kelebihan dalam hal High Dynamic Range ( hingga mencapai 15000:1),reproduksi warna sangat baik, wide gamut dan level black yang sangat rendah.Selain itu, monitor ini dapat menampilkan hampir semua resolusi native dan refresh rate dan memiliki Viewing angle yang sangat baik.Harga yang ditawarkan juga jauh lebih murah dibandingkan jenis monitor LCD atau Plasma.
kekurangan :

 CRT memiliki ukuran yang berat dan body besar, terutama untuk ukuran display diatas 20".Membutuhkan daya yang besar dan operasional suhu yang tinggi.Pada sisi reproduksi gambar,pada refresh rate yang rendah,efek flicker akan sangat terasa. Aspect ratio biasanya hanya terbatasi pada ukuran 4 : 3.

b.    LCD ( Liquid Crystal Display )
Cara Kerja Monitor LCD
http://adengbalawan.files.wordpress.com/2010/11/lcd.jpg?w=300&h=257

Monitor Liquid Crystal Display (LCD)

Cara kerja monitor ini adalah dengan memberikan stimulasi arus listrik dari luar kepada luquid crystal (materi bipheny). Sehingga akan mengubah properti dari cahaya yang dilewatkan crystal.

Monitor TFT LCD

Berupa Liquid Crystal yang diisikan diantara dua pelat gelas, yaitu colour filter glass dan TFT glass. Colour filter glass mempunyai filter warna yang bertugas memancarkan warna, sedangkan TFT glass mempunyai thin film transistor sebanyak pixel yang ditampilkan. Liquid crystal bergerak sesuai dengan perbedaan voltase antara colour filter glass dengan TFT glass. Jumlah cahaya yang dipasok oleh back light ditentukan oleh jumlah pergerakan liquid crystal yang pada gilirannya akan membentuk warna.

http://3.bp.blogspot.com/-Vz1vd4VV33U/TjQ5m3ivZCI/AAAAAAAAAvY/iWCOfQBrv-E/s320/lcd-monitor.jpg
Kelebihan : kelebihan utama LCD adalah pada ukuran dimensi ( compact ) dan berat yang sangat rendah, konsumsi daya yang sangat rendah, hampir tidak ada efek flicker ( tergantung pada tipe backlight yang digunakan ), dapat diproduksi hampir untuk semua ukuran, dan secara teori tidak ada batasan resolusi maksimal.
Kekurangan : LCD memiliki sudut pandang yang sangat terbatasi. Hal ini juga menyangkut sisi reproduksi warna , saturasi, dan brightness yang berubah-ubah meski pada sudut pandang yang paling optimal. Response time-nya rendah hingga menimbulkan ghosting artiffact, memiliki satu native resolution meski resolusi lain dimungkinkan dengan menggunakan video scaller. Dead pixel bisa terjadi entah ketika produksi di pabrik maupun ketika pemakaian oleh user.

c.    Plasma
http://1.bp.blogspot.com/-zFnwQY29fds/TjQ57UKHK1I/AAAAAAAAAvc/GlR6RhP1Y0Q/s320/plasma-display-compositions.png

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmSThEDH2V8wZ-gr5q0bWvc_0y_7tD_Rtnn-gBoUtvtiCLuaHFpVRoBWCKi_C6Owj8SPTYQ1SMqgyyfYJ36iGm3RpWzxb3u2YYqQXlg5zaOHtQaRU5Z8UmEg6mgD6xODNW6oJAbU5gte5p/s200/125578-2407p061-1b.jpg
Monitor Plasma Gas

Monitor berjenis plasma merupakan inovasi baru dari teknologi yang digunakan oleh Monitor. Dengan menggabungkan teknologi CRT dan LCD dapat menghasilkan teknologi yang membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat selebar teknologi CRT. Teknologi plasma gas juga menggunakan fosfor seperti pada teknologi CRT, tetapi layar pada plasma gas dapat berpendar tanpa adanya bantuan cahaya di belakang layar.

Kelebihan :
Display plasma hampir menyerupai kemampuan monitor CRT, dengan contrast ratio tinggi ( 10.000 : 1 ). Reproduksi warna sangat baik dan level black rendah. Hampir tidak ada response time dan sudut pandang ( viewing angle ) sangat baik.
Kekurangan :
Memiliki ukuran pixel pitch yang besar, yang artinya memiliki resolusi rendah atau meski resolusi tinggi, ukuran monitor haruslah besar. Tipe plasma juga memiliki bobot yang sangat besar. Konsumsi daya dan operasional suhu yang tinggi. Cell plasma untuk perwakilan tiap pixel gambar hanya memiliki fungsi on/off sehingga reproduksi warna jauh lebih terbatasi lagi dibandingkan tipe CRT ataupun LCD.

Jenis Monitor Berdasarkan Signal pengiriman data.

Monitor Analog

Pengertian dari analog berarti sinyal-sinyal yang masuk pada monitor adalah berupa arus yang dapat berisi sembarang nilai antara sinyal maksimal dan minimum. Sistem pengolahan data pada monitor analog adalah secara langsung tanpa menggunakan proses digital (data 0 dan 1). Monitor analog biasanya mempunyai ciri khas pada semua pengaturan manualnya (H-Size, V-Size, Contrast, dan Brightness)menggunakan Potensiometer.

Monitor Digital

Monitor digital adalah monitor yang menggunakan sinyal digital dalam pengiriman datanya yaitu menggunakan logika 1 dan 0 (data digital). Monitor digital biasanya mempunyai ciri seluruh pengaturannya gambar manualnya menggunakan saklar tekan.

Monitor Multi Scanning

Monitor multi scanning adalah monitor yang dapat menerima dua bentuk sinyal (data) baik digital maupun analog. Hebatnya monitor ini ini dapat menggabungkan dua kegunaan yang dimiliki monitor analog dan digital sehingga sanggup dipasngkan video card yang bermacam-macam.


2. Infocus
Infocus hampir sama dengan monitor. Fungsinya adalah untuk menampilkan gambar/visual hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan objek lain sebagai media penerima pancaran signal-signal gambar yang dipancarkan. Media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih (terang). Biasanya yang digunakan adalah dinding putih, whiteboard, ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiN6dILssZO-9jxbYUshvtDBJRnfgeW1Rn1SiNcmumVPsw3Bf7CBjtkNhrO-ETPMflLjnEwPhNnC6MgK6NB0ZnVJs1LgqSD3mQB-7cGBdU_EVb7y2twCIujx3kzEyr6uky9et6luwOomGG/s200/infocus.jpg
4. Speaker
Speaker merupakan perangkat keluaran yang menghasilkan suara, di mana suara tersebut sebelumnya telah diolah dalam sound card (kartu suara). Speaker-speaker yang ada di pasaran sekarang telah menggunakan 6 speaker berikut satellite dan 1 subwofer untuk menghasilkan tata suara yang optimal.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgw-n5kg7atYGSte4UHBdaTv8fFQO_LSStLJMIGq67EaGF_rTv8gFf3tD6F1aUiAk3j_7qdN07JJ1J4DYzIFTYmkzryuHnsCnWL7-AR7nS8Bg-nNKTuVpCVWxyzxWal1JLA2Bnc6AoGuhKp/s200/speaker.jpg

Jenis-Jenis Monitor


D.    MACAM – MACAM PERANGKAT PERCETAKAN


Alat pencetak. Istilah ini umum digunakan untuk pencetak karakter atau gambar ke suatu media (seperti kertas).

Jenis-jenis Printer:

1.      Dot-matrix printer

Menggunakan pita bertinta. Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Head dari printer jenis ini, terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom.Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas. Printer jenis ini juga merupakan character printer. Kecepatannya sangat bervariasi, tapi untuk Epson LX-80, adalah 80 caharacter per second.
Pada saat head-printer bergerak dari kiri kekanan sambil menyentuh kertas, maka huruf yang sudah terpola dalam suatu susunan jarum akan segera muncul. Pola huruf ini kemudian diterima oleh pita karbon yang dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan huruf demi huruf.

http://3.bp.blogspot.com/-GEG1jN0CYVY/UTg0XBMb7SI/AAAAAAAACeM/l3R9-7-ewh4/s1600/10179246.jpg
Cara kerja printer Dot Matrix ini cetakkannya dihasilkan dari beberapa jarum atau pin kecil, yang dibariskan dalam suatu kolom, membentur suatu pita tinta dan memposisikan antara pin dan kertas, menciptakan titik pada kertas tersebut. Karakter disusun atas pola titik-titik dengan menggerakkan printhead secara menyamping ke seberang halaman dalam kenaikan yang sangat kecil.
a.       Keunggulan Printer Dot Matrix antara lain :
  • pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet. 
  • Jenis printer dot-matrix sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color dan ada pula yang non-color. 
  • Untuk printer color, digunakan pita (karbon/ribon) khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah dan kuning. 
  • Dapat mencetak rangkap sekaligus. Dapat mencetak ukuran kertas yang lebar.

b.      Kekurangan Printer Dot Matrix antara lain :
  • pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah.
  • ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras
  • kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan.
  • Dpi dan Ppm rendah.
  • Geraknya sangat lambat.
  • Warna yang dihasilkan tidak bervariasi.

2.      Inkjet printer

http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQQMNqUELIEee4WEu_KNk8T-XM5_7bvg_BJPVohl2wQXs4E79n7
Printer Injeck
Cara Kerja Printer InkJet
 Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas. panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas.
Karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering. jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.
Printer Injeck adalah printer Laptop berukuran Canon BJ-10V Lite diperkenalkan pada tahun 1993. Ini memiliki penampilan yang sama sebagai printer inkjet Canon pertama, BJ-10V  iperkenalkan pada tahun 1990. Penutup batin dengan petunjuk konfigurasi juga ditampilkan. Inkjet Epson printerPart dari seri pada. Sejarah cetak Sebuah printer inkjet adalah jenis printer komputer yang menciptakan gambar digital dengan mendorong tetesan tinta ke kertas. Inkjet printer adalah jenis yang paling umum digunakan dari printer dan berkisar dari kecil model konsumen murah untuk mesin profesional yang sangat besar yang dapat biaya hingga ribuan dolar. Tidak berisik, kualitas cetakan baik. Pencetak dengan cara kerja menyemprotkan tintanya ke media cetakan
Keunggulan Printer Inkjet
o  Tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus
o  - Menggunakan teknik semprot, maka printer jenis ini sama sekali tidak
menimbulkan suara/brisik seperti halnya printer-printer sebelumnya.
o   Menggunakan resolusi cetak yang tinggi (minimal 300 dpi/dot per-inchie), maka
hasil cetakkan printer jenis ini biasanya lebih bagus apabila dibanding dengan jenis
printer sebelumnya, pada khususnya dalam menghasilkan gambar ataupun grafik.
o   Dpi dan Ppm lebih tinggi dibandingkan dot matrix.
o   Kebih mudah mencetak gambar dan warna
o   Kemampuan mencetak sampai kertas yang lebar dengan kualitas yang baik.
Kekurangan Printer Inkjet


§  tidak bisa mencetak secara rangkap pada saat bersamaan.
§   biaya operasional lebih mahal.
§   waktu mencetak menjadi lebih panjang.

3.      Laser printer


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj-HVrnWOAC5XpKWJntIWwYSKYZbVHBg5OeKjihUkN2uON079HACvKq71ec2aMLzq3qJ9epReRD-aN-cD4n3y6S-mj5bAw7ZA6GfqC2fGMz7fWW9BXABo6QKcWz6cQt5N-AQKvk-QUrhy-I/s1600/images+laser.jpg

Cara Kerja Printer Laser
Sebenarnya cara kerja printer laser mirip dengan mesin fotokopi, yaitu menggunakan photographic drum. Prosesnya seperti ini:
* Kawat corona mengalirkan listrik statis yang membuat drum (photo conductor) bermuatan positif.
* Unit laser (exposition) menyorotkan sinar pada permukaan drum yang berputar sesuai dengan informasi yang diperoleh dari computer. Dengan cara ini, laser menggambar huruf atau citra yang akan dicetak sebagai sebuah pola muatan listrik–sebuah citra listrik statis yang bermuatan negative.
* Selanjutnya toner atau tinta berwujud serbuk ditaburkan pada drum. Karena toner bermuatan positif, akan menempel pada area bermuatan negatif pada drum, yaitu area yang tadi sudah disorot dengan sinar laser.
* Baki kertas memasukkan selembar kertas sehingga digiling oleh drum. Sebelumnya, kertas diberi muatan negatif oleh kawat corona. Muatan itu lebih besar dari muatan negatif citra listrik statis sehingga kertas dapat menarik serbuk toner yang bermuatan positif. Karena berputar dengan kecepatan yang sama dengan perputaran drum, kertas menyalin citra yang ada di drum.
* Kertas yang telah menyalin citra itu dilewatkan pada fuser, yakni sepasang penggulung yang dipanaskan. Saat melewati fuser, serbuk toner meleleh dan menempel kuat pada serat kertas. Kemudian kertas dikeluarkan ke baki output.
* Setelah citra listrik statis pada drum dipindahkan ke kertas, drum melewati lampu pembebasan. Sorotan lampu yang terang mengenai seluruh permukaan photoconductor dan menghapus citra listrik statisnya. Lalu, drum melewati kawat corona yang memberinya muatan positif kembali.
* Proses akan diulang lagi untuk pencetakan berikutnya
Printer laser  adalah Sebagian dari laser printer bentuknya  hamper mirip dengan mesin fotokopi. Yang jika digunakan untuk mencetak  memiliki fungsi  hampir sama mesin fotocopy .Daya / kekuatan cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering sehingga bisa langsung digunakan tanpa harus enunggu samapi kering. Tetapi karena kegunaan yang bagus ini dan teknologi yang maju membuat harga printer ini cukup mahal.
Setiap printer memiliki kekurangan dan kelebihannya masin-masing oleh karena itu printer Injeck juga memiliki keunggulan bilan di bandinkan denganprinter lain seperti Printer Dot Matrik maupun Ijeck.
Keunggulan Printer Laser :

o          Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit sehinggan memdahkan untuk mengerjakan sesuatu karena cepat..
o           Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya sehingga yang minat memiliki printer ini ckup banyak
o          Hasil cetakan cepat kering.jadi tidak perlu lagi menunggu lama hingga kering dan tidak merusak kertas lain karena cepat kering.
o          Pilihan huruf yang dimiliki juga sangat beragam seperti comic, Calibri, cambria dll. demikian pula style ataupun bentukdari huruf yang bersangkutan juga bervariasi
o          Printer jenis ini memakai sistem yang hampir sama dengan sistem yang dipakai oleh
mesin foto-copy, sehingga hasil cetakkannya jauh lebih rapi jika dibanding dengan
printer- printer sebelumnya.
o          Dpi dan Ppm sangat tinggi.
o          Efisien untuk mencetak hitam putih.
o          Kapasitas warna lebih banyak.
Kekurangan Printer Laser :
- harga printer ini cukup mahal.
- harga catrignya lumayan mahal hingga 800 ribu rupiah
- Tidak dapat digunakan secara terus menerus.
- tidak bisa melakukan isi ulang tinta dengan manual

Hasil berkualitas tinggi. Alat pencetak yang cara kerjanya dengan cara memanaskan kertas (kertas yang digunakan kertas khusus) menggunakan jarum yang dipanasi dan mendekatkan jarum yang dipanasi tadi ke kertas yang peka terhadap panas tersebut.

4.      Plotter

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjRIJ3ygPIpdZKppvJimwlPpVKf6GWjqtLlYA3r5mA6up20XK-Aroq2v0vmGZ0SfIPhxmMwstU2OrG1SI4BG78utm2boYGH47Bs0CZyoZ10hkJo7mKYb6R8rYS-eCOAOIHazL82HQPd_yw/s1600/plotter.jpeg

Plotter merupakan salah satu peralatan output yang digunakan untuk menggambar grafik dan lain-lain. Perbedaannya dengan printer menggunakan sistem digital, yaitu analog. Contoh plotter grafik adalah ECG(Electro Cardiograph) yaitu alat yang digunakan untuk mengetahui potensial dari denyutan jantung, atau jarum seismograph untuk mencatat getaran bumi. Plotter dapat menggambar grafik pada kertas, plastik, maupun pada plastik transparan untuk digunakan dalam proyektor.
Cara Kerja Plotter
Pen plotter mencetak gambar dengan menggerakan suatu pena pada permukaan kertas. Oleh karena itu, plotter hanya dapat menggambar garis ketimbang gambar raster seperti pencetak biasa. Walau tidak bisa mewarnai satu blok warna langsung, plotter dapat mengarsir beberapa garis yang berdekatan dengan satu-sama lain untuk menghasilkan sesuatu yang serupa. Pen plotter memiliki kemampuan menggambar line art atau teks yang kompleks, namun melakukannya dengan sangat lambat karena gerakan penanya.
Plotter generasi dini bekerja dengan meletakkan kertas di atas sebuah roller yang menggerakkan kertas secara maju-mundur untuk gerakan ke sumbu X, sementara pena bergerak di sumbu Y. Terdapat juga metode lain yang menggunakan penaballpoint untuk menggambar pantograph dan menggerakkan mesin dengan motor yang dikendalikan komputer; metode ini lebih lambat, dan membutuhkan ruang lebih luas. Kemudian, ditambahkan jepitan elektronik untuk menahan pena di tempatnya, sehingga pena bisa diganti dan plotter bisa menghasilkan gambar berwarna.
4. Kelebihan dan Kekurangan Plotter
Adapun yang menjadi kelebihan dari plotter adalah :
  • Plotter dapat mencetak halaman kerja dengan skala yang besar.
  • Pemapatan dari head plotter lebih teratur dan merapat sehingga hasil dari cetakan plotter lebih bagus dan tidak mudah pecah.
  • Dalam plotter pena proses pengerjaan atau dalam proses pencetaknya menggunakan teknik line per line hingga membentuk daerah arsir yang merapat dan juga cetakan yang dihasilkan pastinya lebih bagus.
  • Dalam plotter pemotong kelebihanya dapat sekaligus mencetak pola seperti bahan vinyl, karet, gabus, kulit, dan lain-lain. Contoh pemanfaatannya yaitu pada industri sepatu atau industri pakaian, untuk memotong pola atau bahan sekaligus.
  • Memiliki port dan slot memory atau media penyimpanan seperti memory micro yang langsung dapat diintegrasikan dengan plotter tanpa melakukan kerja dikomputer. Dan sampai saat ini ada plotter yang sudah memiliki LCD yang melekat pada bagian depan plotter sehingga dapat memudahkan user untuk memilih objek yang akan dicetak tanpa menggunakan kerja dari komputer.
Adapun kelemahan dari plotter adalah :
  • Karena hasil cetakan plotter rata-rata menghasilkan hasil yang memuaskan, otomatis waktu pengerjaan yang dibutuhkan juga relatif lambat, terutama pada plotter pena yang dalam pengerjaanya membuat arsiran-arsiran pada kertas format lebar secara merapat hingga membentuk suatu karakter.
  • Untuk beberapa jenis plotter seperti ploter thermal dan juga plotter pena cepat mengalami panas terutama pada pin dan juga pena yang digunakan untuk mencetak pada plotter.
  • Sulit untuk mencetak format kertas yang ukuranya lebih kecil dan juga hasilnya tidak memuaskan.
  • Mudah menghabiskan tinta pada ink jet plotter karena mencetak dalam format ukuran yang lebar.
  • Spare part dan accesoriess yang dimiliki oleh plotter memiliki harga yang cukup relatif mahal.
  • Spare part dan accesoriess yang dimiliki oleh plotter memiliki harga yang cukup relatif mahal.

5.      Printer DTG (Direct Transfer Garment Printer )

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhf0p_IKYvUOu53-4RRBoRTZxSzdhZh5yEnMZ8TGoDF02lMOD2FLLN3541vfYRaJBlJP6cgQq8gcGtYnG3sXiM7EQsro9crG5pVjfK37jSa6_sgDc61W9yApDrEalx2EU9TdEc1LfyWxFw/s1600/dtg.jpeg


adalah printer sablon digital teknologi terbaru yang menggabungkan teknologi Head Printer tipe Piezo dan tinta khusus untuk textile dtg direct to garment printing.
Metode kerja printer dtg Direct to Garment adalah mencetak gambar apa saja baik gambar design vektor / photoshop maupun foto biasa langsung ke atas kaos jadi berbahan katun ( Cotton ) combed atau carded dengan resolusi tinggi.

Selain bahan katun, printer DTG direct to garment ini juga bisa digunakan untuk mencetak di atas bahan kaos PE, Satin, TC dan kayu.

Dengan menggunakan printer dtg direct to garment ini maka para penjual kaos-kaos sablon bisa menerima order kaos satuan dengan design sesuka hati pelanggan mereka tanpa ada batasan warna design lagi.
Printer dtg direct to garment sangat cocok untuk pengusaha-pengusaha sablon digital yang selama ini menggunakan tinta sublimation dan transfer paper yang mahal.
Printer dtg direct to garment ini bisa dipakai untuk menutupi kekurangan-kekurangan usaha sablon digital selama ini dengan kelebihan utamanya yaitu bisa langsung cetak di atas bahan cotton 100% dan hasil cetak tahan lama walaupun dicuci berkali-kali.

Keunggulan menggunakan Printer DTG Direct to garment adalah :
- Bisa cetak langsung di atas kaos jadi / kain yang berbahan Cotton 100% seperti Cotton Combed / Carded 20s,24s,30s
- Hasil cetak tajam dan merata dengan warna yang memuaskan di atas permukaan kaos / kain
- Hasil cetak awet dan bisa dicuci berkali-kali seperti hasil sablon manual
- Hasil cetak halus meresap ke bahan kain dengan karakter soft feel seperti bahan Cotton itu sendiri










Google.co.id
http://www.4shared.com/dir/20158497/4cf4e5e0/sharing.html
http://zoebir.wordpress.com/2010/01/19/interaksi-manusia-dan-komputer-bab-1-sd-14/
http://farhatoen.wordpress.com/


a.                       Kelemahan
Ø  Keyboard QWERTY
-       48 persen dari gerakan diantara huruf yang berurutan harus dilakukan dengan sebuah tangan.
-       32 persen ketukan yang dilakukan pada home row (baris awal dari posisi jari pada keyboard).
-       Beban tangan kiri lebih besar dari tangan kanan (56 persen).
-       Pengetikan huruf ‘a’ yang cukup sering dipakai, tetapi harus dilakukan oleh jari kelingking yang paling lemah.
Ø  Keyboard DVORAK
-       Tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dari pada tangan kiri.
Ø  Keyboard KLOCKENBERG
-       Bagian kiri dan kanan terpisah sehingga lebih banyak memakan ruang.
Ø  Keyboard Maltron
-       Bentuknya tak sperti keyboard pada umumnya
Ø  Keyboard Chord
-       Kurang Populer
-       Menyebabkan kelelahan pada tangan
Ø  Keyboard Alphabetik
-       Bagi pengguna tukang ketik, tata letak ini justru memperlambat kecepatan mengetik.
Ø  Keyboard Numeric
-       Untuk memasukkan angka dalam jumlah besar
-       Hanya digunakan untuk memasukkan angka
b.                       Kelebihan
Ø  Keyboard QWERTY
-       Meskipun tata letak QWERTY sangat luas pemakaiannya
Ø  Keyboard DVORAK
-       Mengurangi kelelahan pada saat mengetik.
Ø  Keyboard KLOCKENBERG
-       Tombol-tombol yang dibuat lebih dekat(tipis) dengan meja kerja.
-       Mengurangi beban otot pada jemari dan pergelangan tangan.
-       Mengurangi beban otot pada tangan dan bahu.
Ø  Keyboard Maltron
-       Dapat meningkatkan kecepatan mengetik
-       Bentuk keyboard ini menyesuaikan tangan
Ø  Keyboard Chord
-       Ukurannya sangat cocok untuk aplikasi portable
-       Kecepatan tinggi
-       Waktu pelatihan singkat
-       Penekanan tombol-tombol mencerminkan bentu huruf yang diinginkan
Ø  Keyboard Alphabetik
-       Susunan huruf sesuai alphabetic.
-       Bagi pengguna yang bukan tukang ketik, mungkin tata letak ini sangat membantu. Misalnya untuk mengajarkan anak-anak untuk mengenal huruf alphabet.
Ø  Keyboard Numeric
-       Untuk memasukkan angka dalam jumlah besar
-       Tata letak dapat dijangkau tang

































DAFTAR PUSTAKA



http://inniocha.blogspot.com/2010/10/jenis-jenis-monitor-dan-cara-kerjanya.html







yang mau download lengkap ma gamabarnya di sini
soale aku lg males uplod gambar hehehe :P

No comments:

Post a Comment

Hay,,
yang mampir ke Blog saya wajib Koment ya,,
hehehe :-)

 



Blogger news

Powered by Blogger.

Pages

Blogroll

Most Reading

AWAS